Kapal Kargo Tujuan Malaysia Tenggelam di Perairan Selat Malaka

0
16
Petugas BKSDA Resor Agam sedang melakukan identifikasi lapangan konflik Harimau Sumatera dengan kerbau, Rabu (24/6). (ANTARA/HO)

Tanjung Balai Asahan – Kapal Kargo Camar 1 tenggelam di Selat Malaka, persis perairan dekat Pulau Jemur, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Selasa siang, 30 Juni 2020. Namun, seluruh anak buah kapal (ABK) berjumlah 9 orang berhasil diselamatkan nelayan.

Kapal Motor pengangkut kebutuhan sehari-hari itu berlayar dari Kota Tanjung Balai, Sumetara Utara, menuju Port Klang, Malaysia, pada hari itu. Karena cuaca buruk kapal dengan tonase 151 gross ton itu diterjang ombak setinggi 2 meter dan mengakibatkan air memasuki ruangan kapal.

“Kami sudah berusaha untuk mengeluarkan air dari dalam kapal dengan menggunakan enam unit pompa, namun tidak berhasil karena air terlalu banyak masuk ke dalam ruangan kapal, jadi kami putar balik ke arah Pulau Jemur dan meminta tolong pada nelayan,” ungkap ABK KM Camar 1, Amir di kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai-Asahan, Rabu 1 Juli 2020.

Seluruh awak kapal berhasil dievakuasi dan diselamatkan oleh kapal nelayan di lokasi KM Camar 1 tenggelam. Selanjutnya, mereka di bawa ke kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai-Asahan dan tiba pada malam hari.

“Berdasarkan keterangan awak kapal, kejadian ini diduga karena cuaca buruk. Mengenai muatan kapal, semua sudah melewati prosedur dan diawasi pihak terkait,” sebut Kepala kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai-Asahan, Afrizal Tanjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here