Di Balik Keputusan Menteri BUMN Pilih Anak Muda Jadi Bos Telkom

0
16
Muhammad Fajrin Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Foto: Dok. Bukalapak)

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) telah resmi mengangkat beberapa nama baru dalam jajaran direksi dan komisarisnya. Salah satu yang terpilih adalah Co-founder dan Presiden Bukalapak Muhammad Fajrin Rasyid.

Mulanya kabar itu masih menjadi isu. Sumber detikcom menyebutkan, Fajrin sudah diwawancarai oleh pihak Kementerian BUMN.

“Dia sudah diwawancara sih sama pejabat-pejabat Kementerian BUMN,” katanya, Rabu lalu (17/6/2020).

Head of Corporate Communications Bukalapak Intan Wibisono mengatakan, Fajrin Rasyid saat ini masih menjabat sebagai Presiden Bukalapak. Intan belum berkomentar lebih jauh soal kabar tersebut.

“Yang kami bisa share adalah, hingga saat ini Pak Fajrin Rasyid masih menjadi Co-Founder & President Bukalapak ya,” katanya kepada detikcom.

Namun pada saat RUPST kemarin hal itu tidak lagi sekedar isu. Telkom kini memiliki anak muda di kursi direksinya.

Sebagai direktur termuda di Telkom, dia berjanji akan lebih banyak mempelajari perusahaan terlebih dahulu.

Saat pertama kali dipamerkan di depan awak media, Fajrin ditanya apakah salah satu tugas dan fungsinya bisa menangani seluruh keluhan dari pengguna Indihome.

“Ya, ini saya pikir merupakan masukan yang baik bagi perusahaan. Tentu saya akan banyak berdiskusi dengan Direktur Consumer Service. Sebagai direktur yang baru harus banyak mempelajari perusahaan,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (19/6/2020).

Namun Fajrin mengaku masih harus banyak belajar terlebih dahulu, namun dirinya menjamin akan mendengar seluruh keluhan dari pelanggan Indihome.

Fajrin juga mendapatkan pesan khusus dari Menteri BUMN Erick Thohir. Erick mengatakan, Telkom harus melakukan perubahan pada strategi bisnis, terutama setelah pandemi COVID-19.

“Seperti yang pernah saya sampaikan beberapa waktu lalu, Telkom harus mengubah dan memperkuat strategi bisnisnya terutama di era pasca COVID-19 terutama dalam memperkuat bisnis Telkom,” katanya kepada media, Jumat (19/6/2020).

Dia menilai, Fajrin merupakan sosok anak muda yang teruji. Ia dinilai sosok yang cocok untuk mengembangkan bisnis digital.

“Fajrin merupakan figur anak muda yang sudah teruji kiprah dan karyanya di bisnis digital. Dengan rekam jejak dan pengalaman meski masih berusia muda, Fajrin adalah figur yang tepat untuk memimpin pengembangan bisnis digital Telkom,” ujarnya.

Erick mengatakan, tantangan ke depan akan semakin besar. Ia menekankan, bagi yang tidak memenuhi targetnya mesti siap dicopot.

“Dengan tantangan yang semakin besar, semua jajaran direksi Telkom yang baru memiliki KPI yang terukur. Saya sudah sampaikan pada mereka bahwa harus siap dicopot bila tidak memenuhi target-targetnya,” ujarnya.

(detik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here